Mencari Inspirasi

Mencari Inspirasi

                                                                           Welcome to my blog guys
kali ini saya akan membahas tentang beberapa yang bersangkutan dengan Mencari Inspirasi, karena gak ingin panjang lebar kata kita langsung aja!


Ada hari-hari dimana kita merasa tidak memiliki inspirasi, ketika kita membutuhkan semangat dan kreativitas untuk mengerjakan sesuatu. Menulis blog ini misalnya.
Seringkali, saya merasa bingung harus menulis apa. Kalau kata orang bule: writer’s blockdan saya harus mencari inspirasi untuk bisa menulis.
Dalam tulisan ini, saya akan berbagi beberapa tips untuk mencari inspirasi.
(catatan: dalam salah satu tips saya sebutkan dengan membaca blog orang lain kita bisa terinspirasi. Dan tulisan ini terinspirasi oleh blog zenhabits.)
Saya memang bukan yang paling ahli dalam mencari inspirasi namun saya ingin berbagi beberapa tips yang berguna.
Mengapa kita terkadang sulit mendapatkan inspirasi?
Inspirasi adalah suatu hal yang tidak dapat dipaksakan. Banyak orang menganggap inspirasi itu seperti sebuah ilham atau wangsit. Sulit didapatkan secara instan sesuai kehendak kita.
Sebenarnya inspirasi itu adalah penemuan yang didapatkan dengan mencari secara terbuka. Jangan kita menutup diri dan mengkhususkan pencarian dengan ide bertemakan tertentu.
Inspirasi adalah ide yang ditemukan dengan mencari secara proaktif. Jangan hanya menunggu, segera bertindak. Dan inspirasi yang mampu memotivasi kita adalah sebuah ide yang tidak hanya ditemukan namun memicu tindak lanjut dari kita.
Inspirasi didapatkan dari mencari dan mengamati karya ilahi, spiritual (seperti ilham/wangsit), kreasi orang lain, inspirasi dari alam, dari ide-ide yang lama maupun yang baru.
Inspirasi yang kita temukan juga akan menginspirasi orang lain pada saatnya nanti. Inilah pencapaian inspirasi tertinggi, menjadi inspirasional.

Cara Mencari Inspirasi

Inspirasi dimulai dengan niat kita untuk mencarinya. Mencari dengan mata terbuka dan tidak terpusat pada satu tempat atau satu hal saja. Itulah kunci dalam mencari inspirasi: untuk menjaga pikiran terbuka. Pikiran yang tertutup tidak akan dapat menampung ide inspiratif yang datang.
Jadilah orang yang peka. Menjadi jeli dan sensitif terhadap keindahan dari segala sesuatunya. Lihatlah segalanya di sekitar kita yang mungkin kita tidak duga-duga bisa menjadi sumber inspirasi.
Beberapa sumber inspirasi yang potensial:
  • Membaca buku, blog (orang lain dan diri sendiri), majalah, koran, dll.
  • Menonton film berbagai genre, melihat berita, dokumenter, program acara TV, mendengarkan radio, podcast, dll.
  • Orang di sekitar, amati dan ajaklah berbincang. Lihat situs jejaring sosial seperti twitter dan facebook tetapi jangan terlalu terbuai sehingga menghabiskan waktu.
  • Alam atau carilah tempat yang banyak pohonnya. Taman kota terdekat misalnya. Kalau tidak sempat, minimal pandangi lukisan tentang alam.
  • Pergi saja kemanapun, berjalan kaki, naik mobil/motor, traveling atau naiki bis dan kelilingi kota. Lihatlah anak-anak bermain, amati kesibukan kota, ikuti sebuah promo tour dan nikmati pemandangan sepanjang perjalanannya.
  • Datangi pertunjukkan seni, konser musik, opera. Pergi ke museum, dll.
  • Pelajari beragam sejarah, budaya, agama di dalam negeri dan seluruh dunia. Cari beragam foto-foto yang indah dari semua tempat di bumi.
  • Berolahraga, main bilyar atau bowling dengan kawan-kawan. Berlatih basket atau badminton dengan teman. Atau berenang sendirian, dll.
  • Ingat-ingat mimpi kamu semalam, atau tanyakan mimpi dari orang lain. Ceritakan khayalan dan fantasi yang pernah dimiliki, tulis ulang.
  • Cari kisah inspiratif di internet; google, lihat diskusi forum, baca wikipedia dan kisah-kisah sukses dari orang lain, perusahaan besar, dll.
  • Renungkan kehidupan, inspirasi itu ada di mana-mana.

Mempertahankan Inspirasi

Tentunya kita tidak ingin inspirasi hanya datang sekali. Kita membutuhkan inspirasi secara berkala dan terus-menerus selama kita ingin terus berkarya.
Jika kita gunakan tips-tips mencari inspirasi seperti yang telah saya tulis di atas, lama-kelamaan kita akan semakin baik dan cepat dalam mendapatkan inspirasi. Semakin sering tips-tips di atas dilakukan, semakin bagus.
Namun, terkadang inspirasi cepat menghilang. Bagaimana caranya untuk mempertahankan agar inspirasi terus terjaga?
Berikut adalah tips untuk menjaga inspirasi agar selalu hadir:
  • Bekerja dengan orang-orang yang positif, kreatif, energik, orang-orang yang penuh semangat dan antusiasme. Antusiasme itu menular.
  • Membaca setiap hari beragam hal, beragam topik.
  • Pergi keluar. Alam adalah inspirasi yang baik, janganlah berada di dalam ruangan atau kantor sepanjang hari.
  • Bicara dengan orang-orang yang baru dikenal dan orang-orang yang selama ini hanya kenal sekilas saja. Banyak cerita menarik yang akan kita dapatkan dari orang-orang ini.
  • Keluar dari rutinitas, lihatlah segala sesuati dari perspektif yang berbeda. Ambil rute yang lain ketika ke kantor atau pulang ke rumah. Cicipi makanan di restoran yang baru. Kunjungi tempat-tempat yang baru di daerah kita.
  • Ambil waktu dalam kesendirian. Lakukan sejenis meditasi atau perenungan kontemplatif. Observasi pemikiran-pemikiran yang melintas di benak kita sendiri. Amati nafas dan segala sensasi diri.
  • Aktif berolahraga setiap hari. Minimal berjalan kaki selama 10-20 menit perhari. Peredaran darah akan lancar dan otak akan segar serta siap menerima inspirasi.
  • Sekarang ambil tindakan walau masih belum mendapatkan inspirasi. Menulis blog contohnya; tulislah artikel sejelek-jeleknya, tanpa inspirasi sama sekali pada awalnya. Tidak usah diterbitkan dahulu. Nanti, saya jamin di tengah-tengah tulisan, inspirasi akan datang.
Setelah mendapatkan inspirasi ambillah tindakan dan lakukan sesuatu. Minimal catatlah ide yang datang sebelum terlupakan. Kembangkan inspirasi menjadi inovasi dan kreasi yang akhirnya menjadi sebuah karya yang menginspirasi dunia.


Semoga bermanfaat untuk sahabat dan rekan-rekan dimana pun anda berada. Aamiin.


Ok,Terimakasih sudah mau berkunjung ke blog ini
nantikan edisi yang lebih menarik,seru,asik.keren di blog ini.


Salam No profile!
Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter: @IbnuArie

Sumber: Rezawismail

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Gakusho Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger